Stadion Cangkring Kulon Progo Dihiasi Mural Kespro

Kulon Progo Teraspos.com – Pelajar sekolah menengah atas dan kejuruan yang tergabung dalam kelompok Youth Forum Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menghiasi dinding stadion Cangkring dengan gambar-gambar mural dengan isu “kesehatan reproduksi dan generasi berencana,”.

Pendamping Youth Forum Ragil Prasedewo di Kulon Progo, Minggu, mengatakan kegiatan menggambar mural itu menjadi salah satu agenda Youth Forum bersama Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kulon Progo.

“Kami berharap, gambar mural mampu menyebarluaskan pesan informasi tentang materi kesehatan reproduksi bagi remaja. Mural ini berisikan pesan tentang konsep generasi berencana bagi para remaja,” kata Ragil.

Ia mengatakan, mural merupakan alat untuk menyampaikan pesan melalui media yang bisa diakses secara gampang dan luas oleh masyarakat. Remaja perlu menyadari posisinya sebagai generasi penerus yang seharusnya memiliki rencana atas hidupnya.

Menurut dia, materi kespro dan seksualitas sangat penting untuk dipahami remaja dan para orangtua. Selama ini, banyak kekerasan seksual dan kasus kehamilan tak diinginkan terjadi pada remaja. Pihaknya memandang pengenalan materi kespro dan seksualitas itu sangat penting untuk diketahui remaja.

“Pasangan remaja yang terkondisikan dari Kehamilan Tak Diinginkan (KTD) pun berhak mendapatkan layanan atas fasilitas kesehatan reproduksi di puskesmas,” katanya.

Terkait rencana memasukkan materi tersebut ke dalam kurikulum pendidikan sebagai muatan lokal, ia mengharapkan angka kekerasan seksual bisa ditekan dengan adanya pemahaman akan masalah kespro dan seksualitas.

“Lewat mural ini, kami ingin menyampaikan ke masyarakat luas, terutama para orangtua untuk memberikan pengawasan dan pemahaman yang benar tentang seksualitas dan kesehatan reproduksi. Termasuk juga bagaimana menjaga kesehatan seksual remaja,” katanya.

Direktur PKBI Kulon Progo Paulo Ngadi Cahyono mengatakan kegiatan tersebut diikuti sejumlah perwakilan pendidik sebaya atau peer educator dari kalangan pelajar yang tergabung dalam Youtf Forum Kulon Progo.

Menurut dia, media mural sebagai cara yang lebih representatif untuk menyampaikan pesan kesehatan reproduksi dan seksualitas pada remaja. Stadion tersebut menurutnya merupakan sarana publik yang lebih mudah diakses oleh khalayak ramai.

“Tembok stadion ini banyak corat-coret graviti hasil vandalisme yang mengganggu. Dengan kegiatan menggambar mural ini, bisa menjadi contoh yang lebih ekspresif bagi para remaja dan juga memiliki fungsi memberikan edukasi bagi yang lainnya,” kata Paulo.

(KR-STR)

Advertisements
By pkbikulonprogo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s