Prihatin Kekerasan Dalam Pacaran, Youth Forum Kulon Progo Adakan Anjangsana PIK-R

20131229_110457Wates -Angka Kasus Kekerasan Dalam Pacaran yang dialami oleh remaja semakin naik dari tahun ke tahun, hal ini menjadi perhatian teman-teman di Youth Forum Kulon Progo, Acara dengan tema SGBV atau Kekerasan Berbasis Gender ini merupakan program kerja YFKP yaitu Penjaringan PIK-R Sekolah dampingan PKBI Cabang Kulon Progo ini dilaksanakan pada Minggu (29/12). Yang mana pada bulan ini anjangsana perdana ini dilaksanakan bersama PIK-R SMA Negeri 2 Wates. Acara yang dimulai dari pukul 08.00 diawali dengan ice breaking untuk menghangatkan suasana dan sebagai media untuk saling mengenal antara teman-teman YFKP dan PIK-R SMA 2, kemudian dilanjutkan pembukaan acara oleh Andrean Sandi Wicaksono selaku Ketua YFKP yang menjelaskan tentang 4 isu YFKP serta Program Kerja dan Kegiatan yang ada di YFKP. “Dengan adanya kegiatan berjejaring seperti ini, kami dari Youth Forum berharap semoga teman-teman yang belum bergabung bersama kami (PIK-R) bisa tahu kegiatan dan program pro remaja yang ada di YFKP itu mengasyikan sekaligus bisa memperjuangkan Hak-hak remaja yang ada di Kabupaten Kulon Progo.” Jelasnya dalam membuka anjangsana yang rencana akan diadakan rutin tiap bulannya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sharing program kerja dan kegiatan PIK-R SMA Negeri 2 Wates yang disampaikan oleh Linda, Dewa, Adi dkk. Dimana PIK-R SMA N 2 Wates sudah menjalankan beberapa kegiatan berkaitan dengan KRR diantaranya Sosialisasi On Air di KR Radio maupun di Radio Swara Pasar. PIK-R SMA Negeri 2 Wates juga telah mempunyai Peer Educator dan Peer Conselor yang merupakan siswa-siswi SMA tersebut yang telah mengikuti pelatihan dari berbagai instansi yang kompeten di bidang KESPRO.

Linda selaku Ketua pengurus PIK-R SMA N 2 Wates juga sangat antusias dalam mengikuti anjangsana ini. “Kami selaku pengurus PIK-R sangat senang kedatangan Youth Forum dan telah menyelenggarakan anjangsana dengan tujuan sharing ilmu dan sharing pengalaman dalam berorganisasi khususnya dibidang KESPRO Remaja.” Acara yang dilaksanakan di Joglo Besar SMA Negeri 2 Wates ini diakhiri dengan sosialisasi SGBV yang disampaikan oleh relawan pengorganisasian remaja sekolah. (Ragil)

Advertisements
By pkbikulonprogo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s