Pelayanan IVA di hari Ibu

Dalam rangka memperingati hari ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember, PKBI Kulonprogo bekerjasama dengan klinik Adhiwarga PKBI DIY melakukan pemeriksaan IVA. Pelayanan IVA yang dilakukan di salah satu rumah warga di daerah Dipan, Wates ini dilakukan pada tanggal 21 Desember 2013 pukul 10.00 WIB – 13.00 WIB. Pemeriksaan IVA ini diikuti oleh ibu-ibu warga Dipan dan Kriyanan daerah Wates dan ibu-ibu daerah Hargowilis, Kokap. Pelayanan IVA merupakan salah satu program rutin yang dilakukan PKBI Kulonprogo.
Pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) bertujuan untuk mendeteksi sejak dini lesi pra-kanker leher rahim. Pemeriksaan IVA ini lebih praktis dan sederhana dibandingkan dengan pemeriksaan papsmear. Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan leher rahim (serviks) dengan cara melihat langsung (dengan mata telanjang) leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3-5%. Pemeriksaan ini hanya membutuhkan waktu sekitar 3 menit dan langsung terlihat hasil yang normal atau abnormal.
Menurut ibu Eni salah satu kader di desa Dipan, pelayanan IVA ini sangat penting dan bermanfaat sekali bagi ibu-ibu untuk mengetahui sejak dini apakah leher rahimnya sehat atau tidak. Ibu Eni berharap pelayanan IVA ini terus diadakan oleh PKBI Kulonprogo secara rutin dan meluas ke seluruh daerah Kulonprogo(Jenia).

Advertisements
By pkbikulonprogo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s