Workshop Layanan Kespro untuk Remaja

Pada tanggal 27 Desember 2013 PKBI Kulonprogo mengadakan workshop yang berjudul “Diskusi Bersama Layanan Kesehatan Reproduksi Remaja Kabupaten Kulonprogo”. Workshop ini bertujuan untuk memenuhi hak remaja dalam mendapatkan akses layanan yang ramah dan peduli dengan remaja baik dilayanan kesehatan maupun dalam pendidikan.

Workshop yang diadakan di ruang meeting room rumah makan Asminah ini dihadiri oleh sekitar 40 peserta yang terdiri dari perwakilan remaja, puskesmas dan guru BK (Bimbingan dan Konseling) di wilayah Kulonprogo. Acara di mulai pada pukul 09.00 WIB yang di awali oleh sambutan Direktur Pelaksana Cabang PKBI Kulonprogo, Paulo Ngadi Cahyono, S.S. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari drg. Wahyuni Indriastuti, M.kes yang merupakan Kepala Didang Kesehatan Keluarga, Dinas Kesehatan Kulonprogo ini membahas mengenai pelayanan kesehatan peduli remaja (PKPR) yang saat ini merupakan salah satu program puskesmas.

Presentasi ke dua dengan materi akses pelayanan peduli remaja oleh dr. Nugrahaningtyas, M.kes. yang merupakan salah satu dokter di klinik Adhiwarga PKBI DIY. Dalam kedua presentasi tersebut banyak kasus-kasus remaja yang melakukan seksual aktif dan beresiko terhadap IMS maupun HIV/AIDS. Selain itu tampak pula pengetahuan remaja yang minim mengenai kesehatan reproduksi dan akses yang terbatas dalam mendapatkan pelayanan kesehatan reproduksi.

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab oleh peserta workshop yang difasilitatori oleh Maestri Widodo dari PKBI DIY. Mereka sangat antusias dalam berdiskusi mengenai layanan kesehatan reproduksi bagi remaja yang salah satu aksesnya dapat dimasukkan dalam ekstrakulikuler wajib di sekolah setingkat SMP maupun SMA. Ekstrakulikuler kesehatan reproduksi ini nantinya akan bermitra dengan dokter dan bidan di Puskesmas setempat.

Salah satu peserta yaitu Ibu Ernawati, S.Pd, guru BK SMP N 1 Wates berharap adanya pertemuan pada seluruh guru BK di wilayah Kulonprogo untuk mendapatkan bimbingan yang lebih mendalam mengenai kesehatan reproduksi remaja oleh PKBI Kulonprogo untuk membina anak didiknya. Selain itu beliau juga berharap agar segera disahkannya esktrakulikuler wajib kesehatan reproduksi untuk mengubah perilaku seksual beresiko pada remaja(Jenia).

Advertisements
By pkbikulonprogo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s